Minggu, 13 Januari 2013

Sistem Koordinasi


JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT DENGAN JELAS.
1.      Sebutkan bagian-bagian neuron beserta fungsinya.
Jawab :
-    Badan sel : Mengganti protein yang habis selama proses metabolisme, penyokong sel.
-    Dendrit : Menghantarkan impuls ke arah badan sel.
-    Akson : Mengantarkan impuls menjauhi badan sel.

2.      Jelaskan apakah semua neuron memiliki selubung mielin.
Jawab :
Tidak, selubung mielin hanya terdapat pada akson itupun ada akson yang tidak memiliki selubung mielin.

3.      Jelaskan proses terjadinya pengantaran impuls
Jawab :
Teori membrane tentang pengantaran impuls dijelaskan ;
·         Pertama, dalam keadaan istirahat (tidak mengantarkan impuls) serabut saraf berada dalam keadaan polarisasi, artinya permukaan luar membrane bermuatan positif, sedangkan permukaan dalam membrane bermuatan negative.
·         Kedua, tempat dimana serabut saraf dirangsang terjadi depolarisasi, artinya pemukaan luar membrane menjadi bermuatan negative dan permukaan dalam membrane menjadi positif.
·         Ketiga, antara daerah yang mengalami depolarisasi dengan daerah yang mengalami polarisasi timbul aliran listrik.Aliran listrik ini disebut arus lokal atau sirkuit setempat. Adanya arus lokal ini menyebabkan depolarisasi di daerah sebelahna, kemudian akan timbul arus lokal dan diikuti depolarisasi di daerah sebelahnya, demikian seterusnya.
·         Keempat, dengan demikian depolarisasi selalu akan berpindah tempat atau menjalar di sepanjang serabut saraf sehingga timbul impuls saraf.
·         Kelima, setelah mengalami depolarisasi, daerah tersebut kemudian akan berada dalam keadaan refrakter, artinya daerah tersebut tidak peka lagi terhadap rangsangan.
Impuls dalam saraf berjalan dari dendrit ke badan sel, lalu ke sepanjang akson, kemudian berhubungan dengan sel saraf yang lain. Adakalanya neuron tidak menghantarkan impuls.Keadaan demikian dikenal sebagai keadaan istirahat.

4.      Sebutkan bagian otak yang merasakan lapar. Jelaskan jalannya impuls saraf dimulai saat melihat makanan sampai tangan digerakkan untuk mengambil makanan.
Jawab :
Otak, khususnya hipotalamus, sangat penting dalam meregulasi lapar
Pusat saraf yang mengatur asupan makanan.
1. Nukleus lateral hipotalamus, berfungsi sebagai pusat makan
2. Nukleus ventromedial hipotalamus berperan sebagai pusat kenyang
3. Nukleus paraventrikular, dorsomedial, dan arkuata

Ketika makanan masuk ke lambung, maka lambung akan mengalami distensi. Peregangan (mekanik) yang terjadi ini menyebabkan sinyal ditransmisikan melalui nervus vagus ke pusat otak khususnya hipotalamus sehingga dari situ kita merasakan lapar

5.      Berikan satu contoh aktifitas manusia yang melibatkan saraf simpatik dan saraf parasimpatik.
Jawab :
-        Sistem saraf simpatik, yang bertanggung jawab terhadap mobilisasi energi tubuh untuk kebutuhan yang bersifat darurat. misalnya, jantung berdetak lebih cepat dan lebih kuat, tekanan darah meningkat, atau pernapasan menjadi lebih cepat. Sistem saraf simpatik melepas gula dari hati dan adrenalin dari kelenjar adrenal. Untuk lebih jelasnya, pernahkah Anda diminta berbicara di panggung atau dan Anda mengalami demam panggung atau tegang? Yang Anda alami saat itu adalah contoh dan kerja sistem saraf simpatik. Saat Anda mengalami demam panggung, secara fisik yang terjadi adalah: lutut dan tangan Anda gemetar, telapak tangan dan wajah Anda berkeringat, jantung berdebar lebih kencang dan keras, tarikan napas lebih cepat, dan perut terasa tidak enak atau mungkin mual. Semua itu disebabkan karena sistem saraf simpatik sedang in-action sebagai respons dari perasaan takut dan tegang saat berbicara di depan umum. 
-       Tekanan darah turun, dan respons insting dari kondisi istirahat dan relaksasi. Respons parasimpatik mengakibatkan kita menjadi lebih tenang dan nyaman. Semua itu bertujuan untuk menghemat energi tubuh.

6.      Mengapa orang yang dipukul tengkuknya mengalami pingsan?
Jawab :
Tulang tengkuk merupakan tulang rawan yang terletak di daerah belakang leher. Apabila tulang tengkuk terkena pukulan yang kuat dan keras, akan mengakibatkan terhentinya aliran darah pada sekitar tengkuk beberapa saat, sehigga aliran darah dari tengkuk ke otak terhenti, dan mengakibatkan pingsan.

7.      Sistem saraf berhubungan dengan reseptor dan efektor untuk melaksanakan fungsinya. Apabila seseorang mendapat serangan dari orang lain berupa pukulan yang mengarah ke dirinya, maka orang tersebut akan memberikan gerakan tangkisan itu apabila gerakan tersebut merupakan :
a.     Gerak refleks
b.     Gerak yang disadari
Jawab :
·         Gerak refleks, Gerak yang dihasilkan oleh jalur saraf yang paling sederhana. Jalur saraf ini dibentuk oleh sekuen neuron sensor,interneuron,dan neuron motor,yang mngalirkan impuls saraf untuk tipe reflek tertentu.Gerak refleks yang paling sederhana hanya memerlukan dua tipe sel sraf yaitu neuron sensor dan neuron motor.
Gerak refleks disebabkan oleh rangsangan tertentu yang biasanya mengejutkan dan menyakitkan. Misalnya misalnya apabila kita hendak ditampar otomatis tangan kita menangkis
·         Gerak sadar, Rangsangan akan diterima oleh saraf sensorik dan kemudian disampaikan langsung ke otak. Dari otak kemudian dikeluarkan perintah ke saraf motori sehingga terjadilah gerakan.Artinya pada gerak biasa gerakan itu diketahui atu dikontrol oleh otak.Sehingga oleh sebab itu gerak biasa adalah gerak yang disadari.
ini biasanya harus dengan latihan agar syaraf syaraf terlatih
contoh dengan latihan beladiri

8.   Otrak besar manusia terdiri dari beberapa lobus.
      a. Lobus frontalis, parietalis, oksipetalis, temporalis. Jelaskan bagian-bagian lobus pada otak tersebut.
      b. Jelaskan aktivitas yang diatur oleh bagian-bagian tersebut.
      Jawab :

9.   Telinga merupakan indera pendengaran sehingga peka terhadap rangsangan berupa gelombang bunyi. Bagaimanakah proses pengubahan gelombang bunyi menjadi impuls sehingga orang bisa mendengar?
      Jawab :
      1) Suara ditangkap oleh gendang suara diteruskan ke saluran telinga
2) Telinga yang masuk ke saluran telinga, akan menggetarkan membran timpani atau selaput gendang.
3) Selaput gendang yang bergetar akan menggetarkan tulang-tulang pendengaran (martil, landasan, sanggurdi)
4) Getaran suara akan diteruskan sampai koklea atau rumah siput. dalam rumah siput, ada saraf-saraf pendengaran yang tersambung ke otak. saraf ini kemudian membawa impuls saraf ke otak dan otak akan menerjemahkan rangsangan itu supaya kita bisa mendengar bunyi itu.
      Gelombang suara dikumpulkan oleh telinga luar dan disalurkan ke lubang telinga, dan menuju gendang telinga. Gendang Telinga bergetar untuk merespons gelombang suara yang menghantamnya .Getaran ini mengakibatkan tiga tulang (ossicle) di telinga tengah bergerak. Secara mekanis getaran dari gendang telinga ini akan disalurkan, menuju cairan yang berada di rumah siput (koklea). Getaran yang sampai di koklea ini akan menghasilkan gelombang, sehingga rambut sel yang ada di koklea akan bergerak. Gerakan ini mengubah energi mekanik tersebut menjadi energi elektrik ke saraf pendengaran ( auditory nerve,) dan menuju ke pusat pendengaran di otak. Pusat ini akan menerjemahkan energi tersebut menjadi suara yang dapat dikenal oleh otak.

10. Ada orang yang menggunakan kacamata minus karena mengalami gangguan pengelihatan.
      a. Bagaimanakah proses melihat dapat terjadi?
      b. Gangguan apakah yang terjadi pada orang yang berkacamata minus?
      c. Mengapa kaca negatif dapat menolong orang tersebut?
      Jawab :
a.     Mata sangat peka terhaap cahaya. Adanya cahaya yang mengenai suatu benda menyebabkan cahaya tersebut dipantulkan sehingga kita dapat melihat benda tersebut.
b.     Mata Miopi
c.     Mata Miopi adalah mata dengan lensa terlalu cembung atau bola mata terlalu panjang. Dengan demikian, objek yang dekat akan terlihat jelas karena bayangan jatuh pada retina, sedangkan objek yang jauh akan terlihat kabur karena bayangan jatuh di depan retina. Kelainan mata ini di atasi dengan lensa cekung .

11. Sistem saraf berhubungan dengan sistem hormone untuk melaksanakan fungsi koordinasi. Identifikasikanlah hubungan kedua sistem tersebut.
      Jawab :
      Hubungan saraf dengan hormone
·         Hormon bekerja atas perintah dari sistem saraf. Sistem yang mengatur kerjasama antara saraf dan hormon terdapat pada daerah hipotalamus.Daerah hipotalamus sering disebut daerah kendali saraf endokrin (neuroendocrine control).
·         Hormon berfungsi dalam mengatur homeostasis, metabolisme, reproduksi dan tingkah laku. Homeostasis adalah pengaturan secara otomatis dalam tubuh agar kelangsungan hidup dapat dipertahankan. Contohnya pengendalian tekanan darah, kadar gula dalam darah, dan kerja jantung

12. Jelaskan perbedaan sistem saraf tangga tali pada cacing pipih, cacing tanah, dan serangga.
Jawab :
·         Cacing pipih : sistem sarafnya terdiri dari dua ganglia yang terletak di daerah kepala. Di tiap  ganglion terdapat seberkas saraf yang memanjang dibagian lateral tubuhnya. Tiap-tiap berkas saraf bercabang-cabang menuju ke seluruh bagian tubuh membentuk susunan saraf seperti tangga, sehingga disebut sistem saraf tangga tali.
·         Cacing tanah:  sistem saraf berupa  dua buah ganglion otak dan sebuah serabut saraf yang memanjang disepanjang poros tubuhnya.
·         Serangga: misalnya belalang, sistem sarafnya merupakan sistem saraf tangga tali yang terdiri dari serabut saraf yang memanjang dibagian ventral tubuhnya.

13. Sebutkan bagian-bagian indera pengelihatan manusia dan fungsinya.
      Jawab :
      Konjungtiva
• Melindungi kornea dari gesekan
Skelra
• Melindungi bola mata dari kerusakan mekanis dan menjadi tempat melekatnya otot mata
Otot-otot
• Muskulus rektus superior, untuk menggerakkan mata ke atas
• Muskulus rektus inferior, untuk menggerakkan mata ke bawah
• Muskulus rektus medial, untuk menggerakkan mata ke dalam
• Muskulus rektus lateral, untuk menggerakkan mata ke sisi luar
• Muskulus oblikus superior, untuk menggerakkan mata ke atas sisi luar
• Muskulus oblikus inferior, untuk menggerakkan mata ke bawah sisi luar
Kornea
• Memungkinkan lewatnya cahaya dan merefraksi cahaya
Koroid
• Mengandung pembuluh darah oenyuplai retina dan melindungi releksi cahaya dalam mata
Badan Siliaris
• Menyokong lensa, mengandung otot yang memungkinkan lensa berubah bentuk, dan mensekresikan aqueous humor
Iris ( Pupil )
• Mengendalikan ukuran pupil, sedangkan pigmennya mengurangi lewatnya cahaya.
Lensa
• Memfokuskan pandangan dengan mengubah bentuk lensa
Retina
• Mengandung sel batang dan kerucut
Fovea
• Bagian retina yang mengandung sel kerucut
Bintik buta
• Daerah saraf optik meninggalkan bagian dalam bola mata dan tidak mengandung sel konus dan batang
Vitreous humor
• Menyokong lensa dan menolong dalam menjaga bentuk bola mata
Aqueous humor
• Menjaga bentuk kantong depan bola mata

14. Dari hasil percobaan sensivitas  kulit, ternyata telapak tangan lebih sensitive dibandingkan punggung tangan. Mengapa demikian?
      Jawab :
      Kenapa telapak tangan lebih sensitif dari pada punggung tangan?karena pada bagian tangan terdapat lebih banyak reseptor peraba, terutama bagian ujung jari.

15. Di media cetak atau elektronik sering dijumpai iklan susu berkalsium tinggi. Apakah penyerapan kalsium oleh tubuh, terutama tulang akan selalu efektif di berbagai usia? (Hubungkan dengan fungsi hormone paratiroid).
      Jawab :
      Kelenjar paratiroid berjumlah empat buah terletak di belakang kelenjar tiroid. Kelenjar ini menghasilkan parathormon (PTH) yang berfungsi untuk mengatur konsentrasi ion kalsium dalam cairan ekstraseluler dengan cara mengatur : absorpsi kalsium dari usus, ekskresi kalsium oleh ginjal, dan pelepasan kalsium dari tulang.
Hormon paratiroid meningkatkan kalsium darah dengan cara merangsang reabsorpsi kalsium di ginjal dan dengan cara penginduksian sel –sel tulang osteoklas untuk merombak matriks bermineral pada osteoklas untuk merombak matriks bermineral pada tulang sejati dan melepaskan kalsium ke dalam darah
Kalsitonin mempunyai fungsi yang berlawanan dengan PTH, sehingga fungsinya menurunkan kalsium darah.
Fungsi umum kelenjar paratiroid adalah:
    mengatur metabilisme fosfor
    mengatur kadar kalsium darah

16. Jelaskan perbedaan sistem saraf dan sistem hormon?
      Jawab :
Perbedaan sistem hormon dan sistem saraf
No.
Aspek pembeda
Sistem hormon
Sistem saraf
1
Aksi
Bersifat lambat
Bersifat cepat/segera
2
Pengaturan
Jangka panjang, misalnya
pertumbuhan dan perkembangan
Jangka pendek, misalnya denyut jantung dan kontraksi otot
3
Sekresi
Hormon
Neurotransmitter
4
Komunikasi
Komunikasi antar neuron melalui synapsis
Komunikasi melalui sistem sirkulasi

17. Sebutkan hormone-hormon yang dihasilkan oleh hipofisis lobus anterior beserta fungsinya.
      Jawab :
      Hipofisis, Kelenjar ini terletak pada lekukan tulang selatursika di bagian tulang baji dan menghasilkan bermacam-macam hormon yang mengatur kegiatan kelenjar lainnya.Oleh karena itu kelenjar hipofisis disebut master gland.Kelenjar hipofisis dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian anterior, bagian tengah, dan bagian posterior.


Hormon yang dihasilkan oleh anterior hipofisis
No
Hormon
Prinsip kerja
1
Hormon Somatrotof
Pertumbuhan sel dan anabolisme protein
2
Hormon Tiroid (TSH)
Mengontrol sekresi hormon oleh kelenjar tiroid
3
Hormon Adreno-kortikotropik (ACTH)
Mengontrol sekresi beberapa hormone oleh korteks adrenal
4
Follicle Stimulating Hormon (FSH)
Pada wanita : merangsang perkembangan folikel pada ovarium dan sekresi estrogenPada testis : menstimulasi testis untuk mengstimulasi sperma
5
Luteinizing hormone (LH)
Pada Wanita : bersama dengan estrogen menstimulasi ovulasi dan pembentukan progesterone oleh korpus luteumPada pria : menstimulasi sel – sel interstitial pada testis untuk berkembang dan menghasilkan testoteron
6
Prolaktin
Membantu kelahiran dan memelihara sekresi susu oleh kelenjar susu

18. Jelaskan hubungan antara insulin dan glucagon.
      Jawab :
                  Hormon insulin dan glucagon bekerja secara berlawanan untuk mengatur kadar glukosa. Bila kadar glukosa dalam darah tinggi pankreas akan mensekresikan hormon insulin. Insulin merangsang hati untuk menyerap glukosa dan mengubahnya menjadi glikogen. Sebaliknya, jika kadar glukosa dalam darah menurun, hormone glucagon akan mengubah glikogen menjadi glukosa.

19. Mengapa penderita diabetes mellitus perlu diberi suntikan insulin?
      Jawab :
      Karena kekurangan hormon insulin akan menyebabkan penyakit diabetes mellitus (kencing manis) yang ditandai dengan meningkatnya kadar glukosa dalam darah. Kelebihan glukosa tersebut dikeluarkan bersama urin.Tanda-tanda diabetes mellitus, yaitu sering mengeluarkan urin dalam jumlah banyak, sering merasa haus dan lapar, serta badan terasa lemas.

20. Jelaskan peranan hormon dalam proses metamorphosis serangga.
      Jawab :
·         Hormon yang berpengaruh pada metamorfosis kupu - kupu
Molting dan metamorfosis dikontrol oleh beberapa hormon efektor diantaranya yaitu:
Juvennile hormon, disekresikan oleh corpora allata. Sel sekretori corpora allataaktif selama larva molting. Selama hormon juvennil terbentuk hidroksi ekdison menstimulasi molting dan menghasilkan larva instar yang baru.hormon juvennil juga berungsi untuk mencegah perubahan induksi ekdison pada ekspresi gen yang penting saat terjadi metamorphosis
·         20-hidroxyecdysone, berfungsi untuk menginisiasi dan mengkordinir atau mengatur tiap tahapan molting dan meregulasi perubahan ekspresi gen yang terjadi selama metamorfosis melalui proses ekdisis.
·         Prothoracicotropic (PTIH), proses molting diinisiasi di otak, dimana sel neurosekretori menghasilkan hormon Prothoracicotropic (PTIH) yang merespon neural, hormonal, atau sinyal lingkungan. PTIH adalah hormon peptida yang menstimulasi ekdison dari kelenjar prothoracic.
 Metagenesis pada hewan pada dasarnya sama dengan metagenesis pada tumbuhan. Hewan mengalami pergiliran generasi, yaitu fase generatif (seksual) dan fase vegetatif (aseksual) secara bergantian.
Hewan yang mengalami metagenesis misalnya golongan Cnidaria.Contoh hewannya yaitu Hydra dan Ubur-ubur.
Perhatikan Gambar 1.13. Ubur-ubur memiliki dua fase dalam daur hidupnya, yaitu medusa dan polip.Medusa merupakan fase seksual (generatif) dan polip merupakan fase aseksual (vegetatif).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar